Belajar Bahasa Jepang Lewat Nodame Cantabile

50 Fakta Menarik Mengenai Jepang

こんにちは皆さん、Konnichiwa minasan, apa kabar? Kali ini kita akan membahas sedikit mengenai Jepang ya. Ini ada video bagus dari Rachel and Jun di youtube yang membahas mengenai 50 fakta menarik mengenai Jepang.

Kebetulan video ini sudah ada subtitle bahasa Indonesianya, tadinya saya ingin membuatkan subtitle bahasa Indonesianya di video ini cuma ketika saya melihat ternyata sudah ada yang lebih dahulu membuatkan subtitle bahasa Indonesianya jadi ya saya tidak jadi membuatkan.

Diaktifkan dulu Closed Caption atau CC-nya untuk bahasa Indonesianya seperti terlihat pada gambar screenshot di bawah ini.

50 Fakta Menarik Mengenai Jepang

Sementara kalau teman-teman dari hape, teman-teman tetap bisa mengaktifkan subtitle bahasa Indonesia seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Subtitle Bahasa Indonesia di Hape

Nah di bawah ini adalah videonya. Yuk mari kita tonton videonya di bawah ini, jangan lupa mengaktifkan subtitle bahasa Indonesianya ya.


Dan berikut, di bagian bawah adalah terjemahannya ya. Terjemahan aslinya saya baca ulang lagi dan ada beberapa yang saya kurang sreg dengan terjemahannya jadinya saya ubah cukup banyak dari terjemahan yang ada. Tapi yang ada di video tidak saya ubah sama sekali, karena saya harus upload hasil terjemahan saya ke sana dan akhirnya malah menghilangkan terjemahan yang sudah dilakukan oleh orang sebelumnya yang sudah cape-cape menerjemahkan video ini ke dalam bahasa Indonesia.

Jadi saya hanya merubah yang ada di bawah ini. Di bawah ini adalah terjemahannya dan sudah saya susun sehingga lebih mudah untuk membacanya. Untuk teman-teman yang lebih suka membaca ketimbang menonton misalnya bisa membaca di tulisan yang ada di bawah ini yang merupakan hasil terjemahan dari video di atas yang sudah saya benahi.

50 Fakta Menarik Mengenai Jepang

Yuk mari langsung saja kita simak 50 fakta menarik dari Jepang ini berdasarkan video di atas.

Fakta No.1

Di Jepang kalian membeli roti berdasarkan seberapa tebal irisan yang kalian inginkan.

Fakta No.2

Jika kalian khawatir mengenai makanan beku yang kalian beli saat kalian akan pulang setelah kalian berbelanja, kebanyakan supermarket modern yang ada di Jepang memiliki mesin yang memproduksi es kering gratis yang bisa kalian gunakan.

Fakta No.3

Mini market di Jepang menyimpan bola-bola cat di bawah meja mereka agar pekerja mereka dapat melemparnya ke pencuri, bola cat ini akan memberi tanda di baju dan badan mereka sehingga memudahkan polisi untuk menangkap mereka. Saya melemparkan salah satu bola seperti ini ke seorang pencuri saat saya bekerja di sebuah mini market dan karena saya dulu adalah seorang pitcher di permainan baseball saya bisa mengenainya! Tapi saya tidak tahu apakah polisi berhasil menangkapnya atau tidak.

Fakta No.4

Semua orang tentunya tahu betapa mini market itu ada dimana-mana. Bahkan katanya kita akan selalu berada tidak jauh dari yang namanya mini market. Meski demikian, ada lebih banyak klinik gigi di Jepang jika dibandingkan dengan mini market. Bahkan dua kali lebih banyak, jika kalian menghitung setiap dokter gigi yang ada. Bahkan ada halaman Wikipedia Jepang berjudul "Masalah Dengan Terlalu Banyaknya Dokter Gigi Yang Ada".

Fakta No.5

Kalian bisa memesan sebuah senyuman secara gratis di McDonald's Jepang, bahkan ini bisa untuk dikirim.

Fakta No.6

Jepang mengimpor budaya baju dan dasi dari Eropa, yang berarti sebagian besar dari garis dasi Jepang miring ke kanan, kebalikan dengan sebagian besar dasi Amerika, yang miring ke kiri.

Fakta No.7

Bus sekolah yang ada di Jepang rata-rata digunakan untuk anak TK saja, dan busnya lucu-lucu.

Fakta No.8

Rata-rata jalan-jalan yang ada di Jepang tidak memiliki nama. Alamat kalian ditentukan oleh blok dan sistem penomoran rumah.

Fakta No.9

Ada perusahaan pengantar paket yang bernama (Kuroneko) Yamato, yang artinya kucing hitam Yamato. Bukan hanya logonya yang bentuknya kucing, ketika mereka meninggalkan slip pengiriman di kotak surat anda ada lekukan yang dipotong menyerupai bentuk telinga kucing sehingga orang-orang buta dapat dengan mudah mengenali slipnya.

Fakta No.10

Jika kalian sedang tidak ada di rumah ketika kurir mengantarkan paket, mereka akan meninggalkan kalian nomor untuk ditelfon, sehingga mereka bisa mengirimkan kembali dalam waktu 2 jam dari waktu yang bisa kalian pilih.

Fakta No.11

Jika kalian menelpon sebelum jam 6-8 malam (ini tergantung dari perusahaannya), mereka bisa mengirimkan kembali paket kalian di hari yang sama. Dan walau banyak nomor yang masuk ke pusat panggilan, beberapa nomor memanggil kurir kalian di truk mereka secara langsung.

Fakta No.12

Rumah Jepang terdepresiasi nilainya, seperti mobil. Rumah standar Jepang mencapai nilai negatif, dalam waktu 15-30 tahun, artinya lahan kosong lebih berharga daripada lahan dengan rumah yang sudah tua/lama.

Fakta No.13

Hal ini dikarenakan oleh banyak alasan. Banyak rumah yang dulunya dibangun dengan biaya yang murah dan tidak dipelihara dengan baik. Peraturan keselamatan gempa yang diperbarui secara konstan menyebabkan rumah yang lebih baru menjadi lebih aman. Dan teknologi selalu berkembang sehingga menyebabkan rumah yang lebih baru memiliki fitur yang lebih baik, seperti sistem isolasi yang lebih baik dan, di beberapa kasus, bahkan mempunyai pemanas dan pendingin sentral sendiri!

Fakta No.14

Sementara rumah-rumah tua umumnya dibongkar dari waktu ke waktu dan kemudian dibangun kembali, akhir-akhir ini dengan meningkatnya kualitas perumahan, semakin banyak orang yang memilih untuk merenovasi rumah lama atau apartemen dibanding meruntuhkannya.

Populasi Manula Yang Tinggi di Jepang

Fakta No.15

Karena populasi manula yang bersamaan dengan terjadinya banyak urbanisasi, kota-kota kecil dan kota Jepang semakin beresiko untuk hilang secara bersamaan. Pada tahun 2015 Jepang memiliki sekitar 15.568 desa-desa terminal, atau desa-desa di mana lebih dari 50% dari populasinya berusia lebih dari 65 tahun. Itu adalah 20% dari desa yang disurvei. 5 tahun sebelumnya hanya 15% saja.

Fakta No.16

Terdapat juga 801 desa di mana semua penduduknya berusia 65 tahun atau lebih. Dan 306 desa di mana penduduknya berusia 75 tahun atau lebih.

Fakta No.17

Populasi manula di Jepang telah mengakibatkan perubahan infrastruktur. Mereka memiliki stiker mobil yang secara spesifik menandai pengendara manula. Mereka juga memiliki stiker untuk orang-orang yang mengendarai kendaraan kurang dari setahun.

Fakta No.18

Tentu saja tempat parkir untuk penyandang disabilitas penting, tapi beberapa tempat telah didesain memiliki ruang yang dekat dengan pintu masuk untuk pengemudi senior.

Fakta No.19

Sebagian besar jalan tol di Jepang, yang kebanyakan merupakan jalan layang, dikenakan biaya. Perjalanan dari Nagoya ke Tokyo, yang lebih dekat daripada jarak antara Houston dan Dallas, dikenakan biaya $80 (IDR 1.180.000) hanya untuk sekali jalan melewati jalan tol tersebut.

Fakta No.20

Hampir semua orang parkir mundur di ruang parkir yang tersedia di Jepang. Dengan ruang yang lebih kecil kalian punya kontrol yang lebih. Dan ini lebih aman bagi kita untuk keluar dari tempat parkir yang sering padat dan padat populasi.

Fakta No.21

Biaya latihan pengemudi kira-kira $2-$4.000 (IDR 29.000 - IDR 59.000.000) dan kalian harus sekolah mengemudi kira-kira satu bulan.

Fakta No.22

Kalian bisa memperpendek waktu tersebut menjadi dua minggu dengan pergi ke kamp latihan pengemudi yang sebenarnya. Ini serius! Kalian harus tinggal selama semalaman dan melakukan semuanya di situ.

Fakta No.23

Banyak orang di Jepang menggunakan kereta sebagai transportasi utama mereka daripada negara yang lainnya di dunia—30.5% dibandingkan dengan yang tertinggi dari 17.2% di Switzerland.

Fakta No.24

Palang konstruksi yang ada berbentuk seperti binatang-binatang yang lucu. Karena bagaimana tidak?

Fakta No.25

Akhir-akhir ini banyak pusat perbelanjaan Jepang yang memiliki pengisi daya mobil listrik di dekat pintu masuknya. Ada berita yang mengatakan bahwa sekarang ada lebih banyak pengisi daya mobil di Jepang dibandingkan pom bensin, tetapi itu terhitung setiap pengisi daya secara terpisah serta pengisi daya pribadi. Tetapi ini masih merupakan sesuatu yang baik kok.

Fakta No.26

Di Jepang, setengah jaringan listrik beroperasi pada 50 Hz dan setengahnya beroperasi pada 60 Hz. Ini karena ketika Jepang mulai memperkenalkan listrik ke kota yang lebih besar, Tokyo membeli generator 50 Hz dari Jerman dan Osaka membeli generator 60 Hz dari Amerika Serikat. Kedua sistem tersebut akhirnya menyebar dan sekarang sangat mahal untuk mengubahnya. Selama gempa bumi dan Tsunami pada 3/11, ini berarti bahwa sebagian Jepang bagian Selatan tidak dapat menyediakan daya cadangan ke sebagian Jepang bagian Utara karena kisi yang tidak kompatibel.

Fakta No.27

Dulu beberapa peralatan elektronik seperti microwaves tidak dapat digunakan di bagian lain negara, tetapi belakangan ini banyak produk yang telah didesain agar dapat digunakan di sistem  50 dan 60 Hz.

Fakta No.28

Industri musik Jepang adalah industri musik yang terlaris kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Fakta No.29

Hal ini didorong oleh fakta bahwa orang-orang Jepang membeli lebih banyak CD fisik dan DVD musik daripada negara lainnya di dunia. 72% penjualan musik di Jepang masih secara fisik, dibandingkan hanya 15% di Amerika Serikat.

Fakta No.30

Di negeri matahari terbit, matahari benar-benar terbit jam 4:30 pagi di kota seperti Tokyo dan Nagoya di puncak musim panas.

Fakta No.31

Bambu adalah salah satu tanaman yang paling cepat tumbuh di dunia dan beberapa spesies dari bambu Jepang bisa tumbuh satu eter dalam sehari di dalam awal pertumbuhannya.

Fakta No.32

Tunas bambu baru juga sangat kuat dan mampu tumbuh melalui kayu, batu, dan kadang-kadang bahkan beton. Ini dikombinasikan dengan pertumbuhannya yang cepat telah menyebabkan kasus-kasus langka namun terjadi dimana orang-orang Jepang bangun di pagi hari dan menemukan tunas bambu tumbuh di tengah-tengah rumah mereka.

Fakta No.33

Hydrangea pertama kali dibudidayakan di Jepang, dan sebagai hasilnya Jepang memiliki variasi yang jauh lebih besar dari hydrangea dibandingkan Amerika. Kalian akan menemukannya di sepanjang pinggir jalan di seluruh negara/desa.

Fakta No.34

Nama dari Hydrangea spesies Jepang, yang Jun gunakan di video memasaknya, adalah Dance Party!

Fakta No.35

Banyak monster Jepang di anime dan mitologi yang berdasarkan pada binatang dan serangga yang nyata.

Fakta No.36

Ada banyak jangkrik di Jepang yang keluar setiap tahunnya. Suara dari jangkrik adalah suara klasik dari musim panas. kalian akan sering melihat mereka di latar belakang acara TV, anime, dan video game untuk membangun setting musim panas.

Fakta No.37

Karena jangrik ada di mana-mana, orang Jepang rata-rata bisa mengidentifikasi setidaknya 6 spesies berbeda dari suara mereka. 6 spesies itu adalah:
  1. Abura-zemi
  2. Kuma-zemi
  3. Tsukutsukuboushi
  4. Minmin-zemi
  5. Niinii-zemi
  6. Higurashi

Fakta No.38

Jepang hanya memiliki 2 spesies kucing liar, di mana keduanya hanya bisa ditemukan di pulau terpencil jadi kalian tidak akan pernah bertemu salah satu dari mereka. Mereka adalah kucing leopard di pulau Tsushima, dan kucing iriomote di pulau Iriomote.

Fakta No.39

Jepang telah bebas rabies sejak 1957, dan sebagai hasilnya jika kalian ingin membawa peliharaan ke Jepang, dibutuhkan 6 bulan proses karantina untuk memastikan tidak ada rabies.

Fakta No.40

Jepang hampir tidak mempunyai dokter umum. Ini artinya ketika kalian pergi ke dokter kalian hampir selalu akan diarahkan ke spesialis.

Fakta No.41

77% dari orang Jepang memiliki variasi gen yang memberi mereka kotoran kering pada kedua telinga dan secara signifikan menurunkan bau badan.

Fakta No.42

Obat-obatan Jepang yang dijual bebas di apotek terbagi menjadi 3 kategori berdasarkan seberapa mengganggu efek sampingnya. Obat-obatan kategori 1, seperti Loxonin (medikasi sakit), tidak bisa dibeli kecuali kalian berkonsultasi di toko farmasi terlebih dahulu, walaupun secara teknis merupakan obat yang dijual secara bebas.

Fakta No.43

Pil kontrol kehamilan tidak dilegalkan sampai 1999 karena pertanyaan yang muncul mengenai keamanan, dan karena hanya 1-3% dari wanita Jepang yang menggunakannya sampai saat ini.

Fakta No.44

Membawa pedang di publik diilegalkan pada tahun 1876 dalam upaya untuk menghilangkan kekuatan dari kelompok samurai.

Fakta No.45

Saat ini, tetap ilegal untuk memiliki pedang di Jepang kecuali pedang tersebut dilisensikan oleh pemerintah.

Fakta No.46

Hanya Nihonto yaitu pedang Jepang, baik pedang antik maupun pedang yang dibuat oleh besi yang terdaftar yang dapat dilisensikan, yang artinya sepenuhnya ilegal untuk memiliki pedang buatan asing di Jepang.

Fakta No.47

Ahli pedang Jepang tidak dapat mengubah metode yang mereka gunakan untuk membuat pedang, artinya pedang modern sekalipun tetap dibuat dengan cara yang sama dengan pedang Jepang pada jaman dahulu.

Fakta No.48

Baja yang digunakan untuk membuat pedang Jepang, Tamahagane, juga diproduksi dengan cara tradisional. Ada posisi yang dinamakan murage yang mana merupakan manajer dari proses ini. Salah satu tugasnya adalah untuk menilai suhu api dengan cara melihat dengan mata, dan oleh karena ini, menurut sejarah banyak dari mereka yang akhirnya menjadi buta.

Fakta No.49

Pada saat periode Meiji, karena menjadi sangat sulit bagi orang-orang untuk membawa pedang, dan untuk produsen untuk memproduksi pedang, permintaan turun secara signifikan dan banyak ahli pedang beralih untuk membuat pisau dapur yang tidak memiliki peraturan seperti itu.

Fakta No.50

Dan karena teknologi yang digunakan untuk membuat pisau dapur telah semakin berkembang dari waktu ke waktu, sekarang pisau memasak Jepang bisa dibuat lebih tajam daripada pedang katana.

Terimakasih kepada Skillshare yang telah mensponsori video ini!

Nah kurang lebih seperti itu 50 fakta menarik mengenai Jepang. Semoga bisa bermanfaat ya buat kita semua. Sampai ketemu lagi ya. じゃ、また。Jya, mata.

Komentar