Belajar Bahasa Jepang Lewat Nodame Cantabile

Panduan Tinggal di Apartemen di Jepang

Mina san, konnichiwa. Kali ini ada video bagus dari Rachel dan Jun mengenai panduan tinggal di apartemen di Jepang. Kebetulan video dari channel youtubenya Rachel dan Jun ini sudah ada yang memberikan terjemahan bahasa Indonesianya, tadinya saya ingin menerjemahkan cuma karena sudah ada yang menerjemahkan jadinya saya tidak perlu menerjemahkan lagi.

Tapi karena gaya saya menerjemahkan sedikit berbeda dengan terjemahan yang ada di situ, di bagian bawah saya tuliskan terjemahannya ya. Dan saya tidak membuat terjemahan baru yang ada di video ini. Untuk mengaktifkan terjemahan bahasa Indonesianya, silakan klik di CC kemudian pilih "Indonesian" atau seperti yang bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

Panduan Tinggal di Apartemen di Jepang

Sementara kalau teman-teman nontonnya dari hape, juga bisa mengaktifkan subtitle bahasa Indonesianya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Mengaktifikan Subtitle Bahasa Indonesia Dari Hape

Nah kalau begitu langsung saja yuk kita tonton video dari Rachel dan Jun yang saya embedkan di bawah ini.


Berikut di bawah saya tetap menuliskan hasil terjemahan saya, ada beberapa yang saya rubah dari terjemahan aslinya.

Panduan Tinggal di Apartemen di Jepang

Yuk mari kita simak tulisan di bawah ini hasil terjemahan dari video di atas.

Jun: Kamu pindah ke Jepang? Apakah kamu tahu bagaimana caranya menata apartement? Perhatikan panduan mudah ini, dan saya akan memberi tahu kamu bagaimana caranya! Ah, ini orang asing bloon yang ngga tahu caranya pake kamar mandi!

Rachel: Apa??

Jun: Selamat datang di kamar mandi Jepang Anda yang baru! Kamar mandi Jepang kamu akan terlihat seperti ini. Atau, jika kamu adalah orang yang kurang mampu, bak, wastafel, dan toilet kamu akan berada di satu ruangan yang sama.

Rachel: Kenapa ada cermin di sini? Nanti malah jadi berkabut kan?

Jun: HA.. HA.. Dasar orang asing! Coba kamu beli spon kumoridome dan gunakan pada cermin. Dan saat cermin berembun, cukup siram saja dengan air. SELAMAT! Sekarang kamu bisa melihat badanmu ketika kamu mandi! Udah, yang tadi lupain aja. Jangan pake spons. Sekarang kamu ada di Jepang. Ketika kamu selesai mandi, kamu bisa berendam di baknya.

Di Jepang Orang Mandi Dengan Masuk Ke Dalam Bak Mandi (Ofuro)

Rachel: Aku tidak butuh bak mandi. Bak mandi akan kotor dan ini bakal jadi susah banget untuk dibersihin!

Jun: Hanya orang barbar saja yang akan mandi di bak yang kotor! Di Jepang kita membersihkan bak mandi setiap malam.

Rachel: Setiap malam?!

Jun: Nih perhatiin!Yang pertama, semprot bak mandi dengan air. Kedua, semprot dengan pembersih! Ketiga, gosok dengan spon yang ada tongkatnya lalu dan bilas!

Rachel: Kamu ngelakuin semua ini setiap malam?

Jun: Iya. Di Jepang, kami melakukan ini setiap malam. Hanya 30 DETIK dan Anda tidak perlu membersihkan bak mandi Anda lagi. Dan Anda bisa berendam di air yang bersih dan bukannya mandi dengan kulit mati dan berminyak. Dasar babi putih.

Rachel: Oke.

Jun: Setelah bak mandi kamu bersih letakkan penyumbat, atur ketinggian air, dan suhu dan kamu bisa mengisi bak mandimu sekarang. Atau tunggu beberapa saat dan gunakan tombol remote di dapur untuk mulai mengisi bak mandi. "Mengisi dengan air hangat sekarang!"

Rachel: Kenapa ada celah di samping? Bukannya kalau jatuh, di bawah bak mandi bakalan kotor?

Hal Yang Dilakukan Untuk Mengantisipasi Gempa Bumi

Jun: Kamu mikir kami tidak memikiran hal itu ya? Jika bak mandi kamu rancangannya seperti ini, kamu bisa melepas panel depan untuk mengakses bagian dalamnya untuk kamu bersihin. Terima kasih untuk pertanyaannya!

Di Jepang sering sekali terjadi gempa. Kamu perlu mencegah agar perabotanmu tidak jatuh dan membunuhmu. Kami memiliki banyak produk yang dapat membuat apartemenmu aman. Untuk perabotan yang tinggi, kami mempunyai tiang penahan. Cukup bentangkan ke langit-langit lalu mengencangkannya. Untuk benda berat dan terlalu rendah untuk tiang penahan, kami punya kotak alas yang sangat lengket. Benda ini sangatlah lengket. Letakkan dibawah benda seperti kulkas dan TV berhargamu. Sekarang apabila terjadi gempa bumi, barang-barangmu yang mengalami kerusakan akan minim dan kemungkinanmu untuk meninggal akan kecil. Sayang sekali ya.

Rachel: Ooh, Aku suka tatami. Ini cantik banget!

Tatami Merupakan Tikar Tradisional Jepang

Jun: Dasar orang asing! Apakah kamu tahu betapa merepotkannya tatami itu? Tatami itu terbuat dari igusa kering, yang bentuknya seperti jerami. Banyak apartemen yang masih menggunakan tatami. Kami menggunakannya di kamar. Sebelum anda meletakkan kasur di atas tatami, kamu perlu melapisinya dengan kertas kelembaban untuk mencegah tumbuhnya jamur. Tatami ini sangat rapuh. Kamu jangan pernah berjalan diatasnya dengan menggunakan sepatu, meletakkan barang berat, atau tumpahan, kalau ngga tatami ini akan rusak. Jika kamu menumpahkan sesuatu di atas tatami seperti kecap atau kopi, kamu harus segera menyerapnya dengan tepung untuk mencegah nodanya tertinggal. Kemudian vacum! Hal ini sangatlah efektif.
Langkah ke 2. Sembunyikan noda dengan membalik tataminya. Langkah ke 3. Menyerah. Selamat! Kamu sudah merusak tataminya!

Sekarang kamu sudah tahu dasar-dasar di dalam menata apartemen. Dalam panduan berikutnya, saya akan mengajari kamu produk-produk yang bermanfaat untuk digunakan di dapur.

Rachel: Kamu mau ke mana? Balikin woi! Itu bakalan nempel di mulutnya. Kenapa kamu jilatin?! Eww! Dia ngejilatin alas itu! Aku kan mau make. Oke. Diam.

Jun: Ini tidak seperti gempa bumi yang sebenarnya. Kamu ngga jatuh kaya gitu.

Rachel: Berapa kali aku perlu kaya gini? Ini sakit tahu!

Jun: Perhatikan panduan mudah ini, dan saya akan memberitahu Anda caranya. I'll tell you how..

Jun: Watch this easy guido, and I will tell you how..

Rachel: I'll tell you HOW!!

Jun: I'll tell you how??

Rachel: I'll tell you HOW!!

Jun: Aku jujur ngga bisa ngebedainnya jadi aku ngga tahu. I'll tell you how..

Rachel: Lebih tinggi.

Jun: I'll tell you HOW!!

Rachel: Sip!

Nah kurang lebih seperti itu panduan tinggal di apartemen di Jepang dari Rachel and Jun. Semoga bisa bermanfaat ya buat kita semua dan kalau teman-teman suka dengan videonya jangan lupa subscribe di channelnya Rachel and Jun ya. Kalau ada video yang ingin saya terjemahkan, silakan komen saya di bawah, kalau saya sempat dan ada waktu untuk mengerjakan, Insya Allah saya kerjakan, tapi kalau saya tidak ada waktu, maaf ya.

Komentar